Ini Dia Makanan Yang Sering Kita Konsumsi Penyebab Kanker

Minggu, 23 Desember 2012

Hallo sahabat internet dimana pun anda berada, semoga sehat selalu yah. Nah, kali ini saya akan berbagi mengenai makanan-makanan yang paling sering dikonsumsi penyebab kanker. Banyak makanan yang digemari orang yang secara tidak sadar adalah penyebab kanker. Contohnya
Sate, Steak, Donat, dll. Yuk mari kita bahas satu persatu dibawah ini.

1. Sate

    
     Siapa sih yang gak suka sate ? enak, gurih, dan lezat. Akan tetapi, makanan lezat ini dapat menyebabkan kanker loh. Nah bukan satenya yang menyebabkan kanker. Akan tetapi cara memasaknya yang menyebabkan kanker. Memasak yang kurang tepat bisa jadi memicu penyebab kanker. Bila kita memasak sate diatas api dengan suhu yang tinggi maka akan terbentuk senyawa HCA atau Amina Heterosiklis. HCA ini adalah hasil reaksi selama proses pembakaran sate. HCA ini diduga sebagai zat radikla yang dapat menyebakan kanker.
2. Donat
   Nah pasti yang satu ini juga sahabat elmedic pasti suka dan makanan favorit. Sahabat elmedic juga pasti berpikir, kok bisa makanan ini jadi penyebab kanker? Mengapa demikian?
Jika kita lihat lebih lanjut, donat itu merupakan 3 Gabungan Dari Penyebab Kanker. Yang pertama yaitu digoreng, yang kedua yaitu mengandung karbohidrat tinggi yang dihaluskan (tepung yang digiling). Ketika digoreng, limbah karbohidrat atau tepung akan bereaksi dengan minyak goreng. Ini sangat berbahaya bagi orang yang menghindari resiko kanker.
3. Teh Celup
    Walaupun ini bukan makanan tapi minuman ini masuk ke dalam penyebab kanker. Nah yang jadi penyebab kankernya bukan TEH-nya melainkan PEMBUNGKUS TEH CELUPNY yang dicelupkan ke dalam air. Kok bisa ? Pembungkus teh celup biasanya terbuat dari bahan Klorin. Klorin adalah suatu zat kimia yang biasa digunakan oleh industri kertas untuk pemutih dan disinfektan kertas.Klorin yang tercelup ke dalam air tadi kemungkinan besar larut dalam jumlah yang besar, ini menjadi pemicu kanker. Cara amannya adalah tidak mencelupkan teh lebih dari 3 menit, kemudian diambil dari gelasnya.
4. Kentang Goreng
     Seperti yang saya katakan tadi, bahwa makanan yang digoreng adalah salah satu penyebab kanker. Terutama ketika makanan itu mengandung minyak yang terhidrogenasi lemak jenuh dan produk sampingan dari penggorengan yang disebut Akrilamida. Sahabat elmedic juga perlu tahu kalau zait Akrilamida ini adalah zat penyeba tumor dan juga sejenis neurotoksin yand dapat merugikan organ otak kita dan sistem reproduksi kita. Lalu menagapa harus kentang ? Jawabnya sederhana sahabat elmedic, yaitu kentang mengandung karbohidrat tinggi, sehingga akan menghasilkan zat akrilamida selama penggorengan.
 
5. Makanan yang Diawetkan.
Diduga, sodium nitrat akan terdapat dalam semua makanan yang mengandung pengawet yang berperan membentuk komponen N-Nitroso semacam zat karsinogenik.

6. Pemanis Buatan atau Aspartame.
Aspartame merupakan suatu pemanis buatan rendah kalori yang biasa digunakan sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes,sebagai pemanis pada berbagai makanan dalam kemasan.

Cara aman ya pilih saja pemanis buatan yang sudah diapprove oleh pemerintah.

Cara Mencegah Kanker.
Selain hati-hati terhadap makanan yang akan dikonsumsi (selektif), cara terbaik lain adalah:
1. Menjaga pola hidup sehat dan seimbang.
2. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan alkohol.
3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berpengawet.
4. Mengkonsumsi sayuran hijau.
5. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin A, Beta Karoten, C dan vitamin E.

0 komentar:

Posting Komentar