Menginstal Java Development Kit (JDK) dan Netbeans Pada Sistem Operasi Linux, Ubuntu

Senin, 07 November 2011


Langkah-langkah penginstalanya adalah sebagai berikut:
  1. Persiapkan software JDK dan Netbeans for Linux ( jdk-6u14-linux-i586 dan netbeans-6.9.-ml-linux.sh) jika belum ada silahkan download dua software diatas.
  2. Buat sebuah directory baru dengan nama jvm pada usr/bin/lib dengan cara masuk ke dalam directory usr/bin/lib lalu ketik: mkdir jvm lalu tekan tombol enter maka akan ada directory bernama jvm didalam directory usr/bin/lib/jvm.
  3. Copikan file Java Development Kit dan Netbeans ke dalam directory usr/bin/lib/jvm.
  4. Jika sudah selesai maka silahkan terlebih dahulu melakukan penginstalan JDK dengan cara: sh jdk-6u14-linux-i586.bin kemudian tekan tombol Enter sampai ada pesan yang muncul, yang menanyakan apakah anda ingin melanjutkan?, ketik huruf Y dan tekan tombol Enter hingga proses penginstalan JDK selesai.
  5. Jika JDK sudah selesai diinstal maka instal Netbeans dengan cara: sh netbeans- 6.9-ml-linux.sh kemudian tekan tombol Enter dan tunggu hingga kotak dialog berbasis GUI akan muncul dan ikuti cara-cara penginstalannya hingga selesai, tentunya cara ini lebih mudah karena dengan adanya proses instalasi yang berbasis GUI (graphical user interface).
  6. Jika anda berhasil menginstal maka silahkan cek pada Application->Programming-
    >Netbeans 6.9 dan jika dijalankan maka akan terlihat seperti pada d samping.
    Silahkan memakai Editor ini sesuai dengan kebutuhan anda, contohnya belajar membuat
    aplikasi desktop berbasis bahasa Java dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar